top of page
Search
  • Writer's pictureZen Audio

PUBLIC ADDRESS SYSTEM (SISTEM AUDIO PUBLIK)



Apa itu Public Address System?


Sound system gedung adalah salah satu bagian dari Public Address System. Public Address System (PA System) sendiri adalah sistem penguat suara dan terdistribusi dengan komponen umum yang terdiri dari microphone, amplifier dan pengeras suara, yang memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan banyak orang di tempat umum. Sebagai contoh adalah pengumuman di sebuah mall untuk car call, orang hilang atau situasi darurat.

 

"Jika Anda memiliki ruang komersial yang melibatkan banyak orang, Anda pasti memerlukan PA System."

 

Jika dilihat definisi diatas, tentunya Anda mungkin membayangkan bahwa PA System adalah sistem audio untuk tempat yang besar seperti gedung, perkantoran atau mall. PA System diatas dapat dikategorikan Large Venue Systems.


Pada kenyataannya, ada kategori Small Venue Systems yang diaplikasikan pada ruangan kecil seperti kafe, restoran, bar, toko retail dan lain sebagainya.


Pada intinya, Anda akan membutuhkan PA System, jika Anda memiliki area komersial yang melibatkan banyak orang sebagai penunjang komunikasi Anda dengan publik.



Mengapa Perlu Public Address System di tempat Saya?

Alasan utama diperlukannya PA System di tempat Anda (tempat umum tentunya), adalah sebagai alat komunikasi kepada pengunjung. Alasan keamanan adalah hal utama jika Anda berurusan dengan banyak orang di tempat tersebut.


Sebagai contoh: pengumuman jika terjadi kebakaran atau gempa di tempat Anda. Anda tentu tidak mungkin berteriak seorang diri untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Dengan menggunakan PA System, Anda dengan mudah berkomunikasi dengan banyak orang, dapat mengarahkan jalur evakuasi atau bagaimana menenangkan pengunjung.


Alasan lain, jika Anda memerlukan alunan lagu di tempat komersial Anda, PA System dapat digunakan sebagai Background Music System.


Dengan PA System yang lebih kompleks, Anda dapat melakukan pengumuman (announcement) atau memainkan musik di tempat tertentu saja.

 

Kami, Zen Audio, menyediakan jasa konsultasi, pengadaan, pemasangan dan pemeliharaan PA System. Call us, we give you our best.



bottom of page