top of page
Search
  • Writer's pictureZen Audio

Mengenal Dante™ - Audio Networking


Dante™ by Audinate
Dante™ by Audinate

Melakukan transfer signal audio jarak jauh terutama melibatkan banyak kanal audio selalu menjadi tantangan. Dengan menggunakan kabel analog yang tebal adalah salah satu solusi namun berbiaya mahal. Belum lagi karena menggunakan kabel analog, transfer signal audio dengan jarak yang jauh akan terjadi penurunan kualitas dan delay / keterlambatan.


Dante, dikembangkan oleh perusahaan Audinate berbasis di Australia, adalah solusi dalam penyelesaian masalah tersebut. Menggunakan interface standar jaringan IT -Gigabit Ethernet 1 Gpbs-, transfer signal audio dilakukan secara digital yang sanggup mentransfer signal audio multi-channel dua arah dengan hampir tidak menimbulkan delay tanpa penurunan kualitas audio dan tentunya sanggup melakukan perjalanan jarak jauh hingga dalam hitungan kilometer jauhnya. Sistem ini cocok diimplementasikan pada area yang luas seperti stadion, gedung bertingkat, pusat perbelanjaan hingga kompleks perumahan clustered yang luas.


Keuntungan lainnya dalam menggunakan interface Dante ini adalah tidak perlu lagi menggunakan banyak kabel dalam komunikasi antar komponen sound system. Cukup menggunakan 1 kabel ethernet LAN, semua komponen dapat saling berkomunikasi. Menjadikan sound system sangat mudah dikonfigurasi bahkan jika komponen tersebut letaknya jauh sekalipun.


Kontrol sound system menjadi terpusat di satu tempat saja. Dengan menggunakan software Dante Controller, kegiatan monitoring seluruh sound system menjadi lebih efisien dan praktis. Kegiatan maintenance pun menjadi lebih mudah.


Interface Dante ini juga menjadi interface universal karena banyak pabrikan sound system mengintegrasikannya ke produk mereka. Bahkan jika Anda memiliki speaker yang tidak memiliki interface Dante sekalipun, Anda dapat merubahnya ke sistem Dante dengan cukup menambah adapter Dante digital to analog.


Jadi kapan sistem Dante ini diperlukan? Jika Anda ingin men-implementasikan sound system terpusat yang memiliki area luas dengan beragam input dan output yang berbeda-beda dimasing-masing area.

bottom of page