Search
  • Zen Audio

Hal Yang Perlu Diketahui Untuk Instalasi Sound System untuk Background Music

Poin Utama :

  • Menentukan speaker yang sesuai

  • Menentukan power amplifier yang sesuai

  • Kabel speaker, terlihat sepele namun penting

  • Tidak semua mp3 file berkualitas baik


Apa itu Background Musik ?


Background Musik adalah sistem tata suara yang memainkan lagu/musik dengan tujuan untuk membangun suasana di tempat tersebut sehingga dapat meningkatkan mood pendengar-nya.


Jika musik / lagu yang dimainkan di area komersial seperti cafe/restoran/toko retail, sesuai, dapat memberikan efek positif ke pengunjung. Berdasarkan lembaga survei, memainkan musik sesuai dengan tema bisnis Anda berpeluang membuat pengunjung membeli produk Anda lebih banyak, kembali ke tempat tersebut hingga merekomendasikan tempat tersebut ke teman-teman mereka.


Jadi apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sound system di tempat Anda, berikut ini ulasannya.

Menentukan Speaker yang Tepat


Background Musik biasanya memiliki tingkat besar suara dari 60 hingga 85 dB. Sesuai dengan namanya suara Background Musik tidak disarankan terlalu besar karena dapat mengganggu pendengar sehingga dapat memberikan image negatif.


Menggunakan speaker dengan konsumsi daya antara 25 watt hingga 100 watt akan menjadi pilihan baik untuk Background Musik.


Lalu disarankan untuk tidak menggunakan speaker bluetooth portable untuk tempat komersial. Selain bukan untuk per-untuk-kannya, speaker tersebut tidak akan dapat men-cover seluruh area di tempat Anda, apalagi jika tempat Anda begitu ramai dengan orang-orang.

Menentukan Power Amplifier yang Tepat


Jika Anda memutuskan untuk menggunakan speaker pasif, maka Anda memerlukan komponen sound system lain berupa power amplifier. Speaker pasif adalah speaker yang memerlukan tenaga untuk mengeluarkan suara.


Untuk menentukan besar power amplifier yang dibutuhkan, Anda cukup meng-kali-kan speaker yang sudah Anda beli dengan konsumsi daya speaker tersebut. Misalkan Anda sudah membeli speaker pasif sebanyak 4 unit. Speaker tersebut membutuhkan daya maximal 100 watt. Maka power amplifier yang Anda butuhkan harus memiliki keluaran tenaga minimal 400 watt.


Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jika Anda ingin memasang jumlah speaker lebih dari 4 unit, maka disarankan untuk menggunakan power amplifier high impedance. Jika hal tersebut tidak diperhatikan, ada kemungkinan power amplifier Anda akan overheat atau speaker Anda akan rusak.

Kabel Speaker


Jika Anda menggunakan speaker aktif, Anda bisa melewatkan bagian ini. Tapi jika Anda menggunakan speaker pasif, kabel speaker menjadi komponen penting. Kabel speaker berperan mengirim signal audio dari power amplifier ke speaker.


Hal penting disini adalah jika Anda ingin sound system Anda menghasilkan suara konsisten dari tahun ke tahun, kami menyarankan Anda menggunakan kabel speaker berkualitas. Namun berkualitas tidak harus mahal pula. Berkualitas disini berarti kabel tersebut menggunakan bahan tembaga asli dan memiliki diameter yang cukup tebal.

Musik Berkualitas


Seperti mobil mewah menggunakan bahan bakar ber-oktan rendah, begitulah meski Anda sudah mempunyai speaker, amplifier dan kabel berkualitas namun memainkan lagu/musik dari sumber yang jelek.


Jangan menggunakan file lagu/musik dengan nilai kompresi rendah karena file tersebut sudah dikompres sedemikian dengan memotong spektrum-spektrum yang memungkinkan, namun lagu tersebut tetap terdengar sama.


Anda dapat membandingkan sendiri dengan Anda mendengarkan lagu dengan judul yang sama dari file (.mp3) misalnya dan sumber lain seperti CD. Akan terlihat jelas perbedaannya.

Itulah tadi hal-hal esensial dalam membangan sebuah sound system dan Kami harapkan dapat memberikan masukkan untuk Anda. Semoga bermanfaat.