Search
  • Zen Audio

Bagaimana Menentukan Titik Speaker Pasif yang Tepat untuk Tempat Komersial, Speaker Wall-Mounted


Ringkasan:

  1. Baca spesifikasi speaker.

  2. Tentukan titik speaker.

  3. Pemasangan posisi speaker yang benar.




Jika Anda sebagai pemilik cafe / restoran / lobby / toko retail, tentu ingin membuat pelanggan yang datang merasa nyaman di tempat Anda.

Memasang sound system di area tempat Anda sangat berguna untuk meningkatkan kenyamanan tersebut juga membangkitkan atmosfir dan mood pelanggan sehingga memungkinkan terjadinya peningkatan penjualan Anda.

Kami, Zen Audio, kali ini akan membahas mengenai "Bagaimana menentukan titik speaker pasif yang tepat" sesuai dengan kebutuhan untuk kenyamanan pelanggan Anda dengan asumsi speaker yang digunakan adalah speaker dengan pemasangan di dinding (wall). Berikut ini adalah tips-nya.

Baca Spesifikasi Speaker

spesifikasi speaker pasif bose ds40se

Hampir semua speaker pasif untuk komersial area memiliki data spesifikasi yang diberikan oleh pabrikan. Diantara data tersebut ada data mengenai Dispersi Suara, Sensitivity, dan Max SPL.

Dispersi Suara adalah angka penyebaran suara yang keluar dari speaker tersebut. Biasanya memiliki nilai horizontal dan vertikal. Nilai penyebaran diberikan satuan derajat(⁰).

speaker bose ds40se, speaker outdoor

Misalkan jika tertera nilai dispersi 125⁰ H x 125⁰ V, berarti secara horizontal & vertikal speaker tersebut akan mengeluarkan suara seluas 125⁰.

Sensitivity biasanya memiliki satuan dB/ 1 W @ 1m yang artinya seberapa besar suara yang dihasilkan dari speaker tersebut dengan jarak 1 meter dengan diberi input power sebesar 1 watt.

sensitivity 87dB SPL

Jika pada contoh data spesifikasi diatas memiliki angka 87 dB SPL. Maka pada jarak 1 meter dari speaker akan terdengar besar suara sebesar 87 dB.

Max SPL adalah maksimal besar suara yang dapat dikeluarkan oleh sebuah speaker, biasanya memiliki satuan dB. Banyak kasus yang terjadi adalah speaker yang dipasang di suatu area komersial terlalu sedikit sehingga tidak dapat menguasai seluruh area tersebut. Dan kesimpulannya ada 2 kemungkinan, yang pertama speaker akan diputar terlalu kencang sehingga menggangu kenyamanan pelanggan atau speaker yang dipasang tidak ada gunanya.

Tentukan Titik Speaker

Mari kita ambil contoh untuk ruangan sebuah restoran adalah 15m x 10m. Berapa jumlah speaker yang pas untuk ruangan seluas area tersebut untuk memainkan Background Music. Contoh speaker yang akan kita gunakan adalah speaker dengan spesifikasi seperti diatas.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Jika sound system tersebut untuk Background Music maka nilai besar suaranya adalah antara 65-80 dB.

  • Jika jarak dari speaker ke pendengar di buat dua kali lipat, maka besar suara akan berkurang 1/4-nya atau secara matematis berkurang 6 dB. Jadi speaker dengan nilai sensitivity 87 dB SPL, memiliki hasil suara baik dengan maksimal jarak 6 m dari speaker.

  • Jarak speaker untuk menghasilkan suara premium secara matematis adalah 7 m.


Sesuai dengan perhitungan diatas, jika menggunakan 2 speaker akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

Terlihat hampir semua area sudah tercover, namun masih ada bagian kosong yang belum tercover. Sehingga dapat dipastikan jumlah yang pas untuk speaker yang dibutuhkah adalah 4 unit speaker untuk ruangan ukuran 15 m x 10 m.

Posisi Speaker yang Benar


Setelah menentukan titik speaker, yang terakhir adalah bagaimana melakukan pemasangan speaker yang tepat dan benar.

Memang meski pemasangan speaker tegak lurus tetap terdengar suaranya tapi ada perbedaan jika pemasangan speaker tersebut Anda condongkan ke arah bawah. Suara yang terdengar dari speaker langsung ke telinga pendengar akan lebih enak di-dengar.

Demikian tips-tips yang perlu Anda ketahui untuk memasang sound system di area komersial Anda seperti cafe / restoran ataupun toko retail. Semoga bermanfaat.