top of page
Search
  • Writer's pictureZen Audio

Apakah Subwoofer Penting untuk Sound System?


Perlu tidaknya menambahkan Subwoofer pada sound system menjadi sebuah sentimen yang masih melekat pada komunitas audiophile. Ada yang menganggap bahwa subwoofer hanya perlu digunakan jika pemasangan sound sytem tersebut ditujukan untuk Home Theater System. Tentunya pendapat ini kurang tepat. Keuntungan menambahkan subwoofer pada sound system memberikan keuntungan yang telah terbukti dari waktu ke waktu.


Menambah subwoofer pada sound system tentu memakan biaya yang tidak murah. Tapi jika Anda adalah seorang pendengar musik sejati, menambahkan subwoofer dapat meningkatkan pengalaman Anda dalam mendengar alunan musik.


Subwoofer dirancang secara khusus untuk menghasilkan reproduksi frekuensi suara rendah dibawah 150 Hz. Sedangkan speaker Full-Range pada umumnya hanya mereproduksi frekuensi suara 150 Hz ke atas. Jadi ada kemungkinan frekuensi suara yang hilang / tidak terdengar jika hanya menggunakan speaker Full-Range. Umumnya detail suara seperti kick drum, gitar bass akan terdengar lebih baik jika menggunakan subwoofer.


Jika Anda sudah sering mendengarkan musik dengan menggunakan speaker Full-Range speaker yang paling bagus sekalipun, sekali Anda mendengarkan lagi musik yang sama dengan menambahkan subwoofer, Anda akan mendapatkan perbedaan suara yang sangat luar biasa. Menambahkan subwoofer pada sound system tidak hanya menambah reproduksi frekuensi suara, tapi dapat membuat atmosfir di area tersebut menjadi lebih dinamis dan lebih hidup, sehingga mood seseorang menjadi lebih positif.


Kesimpulannya adalah jika Anda ingin memaksimalkan penggunaan sound system pada tingkat detail reproduksi suara dan kenyamanan, maka menambahkan subwoofer pada sound system perlu dipertimbangkan.

0 comments

Comments


bottom of page