top of page
Search
  • Zen Audio

Otomatisasi Operasional Sound System di Cafe atau Restoran Anda


Ringkasan:

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk menjadikan sound system di cafe / restoran Anda lebih "Smart" :

  • Otomatisasi On/Off sound system

  • Otomatisasi Play Music

  • Otomatisasi Playlist dalam waktu tertentu

 
otomatisasi sound system

Di era sekarang ini, hidup manusia cenderung bergantung pada teknologi. Mulai dari penggunaan fintech, transportasi online, smart home system dan lain-lain. Penggunaan teknologi ini tidak bisa dihindari karena sifatnya yang efisien dalam hal waktu sehingga kita bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk hal yang lebih penting.

Dalam blog ini, Kami akan membagikan infomasi dalam hal men-digitalisasi sound system yang Anda miliki sehingga menjadi lebih "Smart". Informasi yang Kami bagikan berfokus pada sound system cafe / restoran. Dapat pula diaplikasikan pada tempat komersial lain seperti toko retail atau gym.

 

Otomatisasi On/Off pada Sound System

Kasus yang sering Kami temui adalah staff cafe / restoran ada yang lupa mematikan sound system mereka sendiri setelah jam operasional cafe / restoran tutup. Banyak yang ditinggalkan menyala begitu saja sehingga dapat menyebabkan overheat pada komponen sound system.

Solusi terbaik adalah kita cukup menambahkan smart power plug, dalam menyalakan dan mematikan sound system. Smart power plug ini bekerja sesuai dengan waktu yang telah di-set. Contohnya seperti set waktu sound system menyala, satu jam sebelum cafe / restoran buka dan set waktu sound system mati, setelah cafe / restoran tutup.

Smart power plug ada juga yang memiliki fitur IoT dimana Anda dapat mematikan dari jarak jauh tanpa harus ada di cafe / restoran tersebut.

 

Otomatisasi Play Music

Otomatisasi ini digunakan jika Anda memiliki jam-jam tertentu dalam memainkan musik di area komersial Anda. Jika Anda menggunakan platform Android dalam memainkan musik, ada aplikasi pemutar musik yang sudah memiliki fitur tersebut.

Jika aplikasi pemutar musik yang Anda pakai tidak memiliki fitur tersebut, ada aplikasi lain seperti "Tasker" yang dapat digunakan untuk menjalankan otomatisasi pemutar musik Anda.

Anda tinggal menentukan kapan waktu untuk musik dimainkan dan kapan waktu untuk musik berhenti.

 

Otomatisasi Playlist

Berdasarkan sebuah survei internasional, 6 dari 10 orang berpendapat musik yang diputar di area komersial harus sesuai dengan profil cafe / restoran. Hal tersebut jika dilakukan dengan tepat dapat membuat konsumen bertahan lebih lama dengan kemungkinan memesan lebih banyak lagi atau bahkan memiliki kemungkinan akan kembali lagi suatu saat.

Beberapa pemilik restoran sadar akan hal tersebut dan mereka memiliki beberapa playlist yang akan dimainkan pada waktu yang berbeda pula.

Dan Anda akan merasa nyaman jika ada aplikasi yang dapat menjalankan secara otomatis dalam memainkan playlist yang berbeda-beda pada waktu tertentu.

 

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat sound system Anda menjadi lebih smart. Semoga bermanfaat.


bottom of page