Search
  • Zen Audio

PENJELASAN MENGENAI TINGKAT KERAS SUARA (SPL)


Sound Pressure Level atau yang biasa disebut SPL, penting diperhatikan. Terdengar sepele, tetapi jangan sampai suara dari speaker Anda kalah dengan suara keramaian di sekitar.

Dalam membangun sebuah sound system untuk tempat komersial, perhitungan Sound Pressure Level atau yang biasa disebut SPL, penting diperhatikan. Terdengar sepele, tetapi jangan sampai suara dari speaker Anda kalah dengan suara keramaian di sekitar. Jika itu terjadi, maka sound system yang Anda bangun tidak ada gunanya.

Telinga manusia mendengar tekanan suara, bukan volume. Perbedaan antara tekanan suara dan volume adalah semakin dekat Anda mendengar suara dari sumbernya, semakin besar tekanan yang akan Anda dengar. Sebaliknya, semakin jauh Anda mendengar suara dari sumbernya, semakin kecil tekanan yang akan Anda dengar, tetapi dengan volume yang sama.

Sound Pressure Level, umumnya disingkat SPL dihitung dengan satuan desibel (dB) dan saat orang berbicara mengenai dB, kemungkinan besar itu merujuk pada SPL.

SPL dapat merusak pendengaran. Pendengaran manusia mulai terganggu saat mendengar SPL di tingkat 85-90 dB.

Anda dapat lihat, bahwa percakapan normal antar manusia memiliki nilai 65 dB.

Hal lain yang perlu diketahui mengenai SPL adalah saat Anda memiliki jarak 2 kali lipat dari sumber suara maka tekanan suara tersebut akan berkurang sebanyak 6 dB.

Sebelum Anda membeli sound system terutama speaker, ada baiknya Anda tentukan dulu tujuan Anda membeli speaker tersebut.

Umumnya ada 3 peruntukan, pertama untuk Background System dengan SPL antara 65-80 dB, yang kedua untuk Foreground System dengan SPL antara 80-90 dB, dan yang terakhir Performance System dengan SPL mulai dari 90 dB ke atas.

Speaker umumnya dilengkapi dengan spesifikasi teknis, sehingga Anda dapat mengkalkukasi batasan sampai mana speaker tersebut dapat diaplikasikan.

Diatas adalah salah satu contoh data spesifikasi teknis speaker Bose Freespace DS40SE. Pada bagian Sensitivity menunjukan angka 87 dB SPL / 1 W @ 1m.

Jadi pengertiannya adalah jika Anda mendengarkan suara speaker tersebut dengan jarak 1 meter maka tekanan yang akan Anda dengar adalah sebesar 87 dB.

Dan jika Anda menambah jarak 2 kali lipatnya yaitu 2 meter, tekanan akan berkurang sebesar 6 dB menjadi 81 dB. Dan seterusnya.

Jadi setelah Anda mengerti mengenai SPL ini, Anda dapat menentukan sendiri untuk apa sound system tersebut akan dipakai, berapa nilai SPL yang ingin dicapai. Dan jangan lupa, ukuran nilai SPL di tempat Anda, jangan sampai nilai tersebut mengalahkan nilai SPL dapat speaker yang ingin Anda beli. Untuk mengukurnya, Anda dapat mencari aplikasi gratis di Android atau iOS dengan keyword SPL Meter. Semoga bermanfaat.